Sabtu, 23 Juli 2011

InfoSemesta: Galaksi Mata Setan

Sebuah tabrakan dua Galaxy telah meninggalkan Gabungan sistem bintang dengan penampilan yang tidak biasa serta gerakan internal aneh. Messier 64 (M64) memiliki sisi gelap spektakuler yang menyerap debu di depan inti Galaxy, sehingga mendapatkan julukan nya "Black Eye" atau "Evil Eye" galaksi.

Rincian detail dari sisi gelap yang terungkap dalam gambar ini bagian tengah M64 diperoleh dengan Teleskop luar angkasa Hubble. M64 adalah Galaxy yang sangat terkenal di kalangan astronom amatir karena penampilannya di teleskop kecil. Pertama kali katalog pada abad ke-18 oleh para astronom Messier Perancis. Terletak di konstelasi Coma Berenices utara, M64 berjarak sekitar 17 juta tahun cahaya dari Bumi.

Konsep ini menggambarkan dua jenis galaksi spiral yang mengisi alam semesta kita: mereka dengan Pertengahan gemuk, atau tonjolan sentral. Pengamatan Baru dari NASA's Spitzer Space Telescope memberikan bukti kuat bahwa ramping, galaksi bulgeless bisa, seperti rekan-rekan chubbier mereka, pelabuhan lubang hitam supermasif di inti mereka. Sebelumnya, para astronom berpikir bahwa sebuah galaksi tanpa tonjolan tidak bisa memiliki lubang hitam supermasif. Temuan ini membentuk kembali teori pembentukan galaksi.


Ini adalah ilustrasi seniman komputer sebuah Galaxy  raksasa tetapi  baru-baru ini ditemukan The, fuzzy area, dan dalam dibawah (gambar 3), merupakan galaksi yang ditemukan sekitar 10,8 miliar tahun cahaya di arah Grus konstelasi selatan (Crane). Para astronom percaya bahwa galaksi adalah anggota dari sebuah struktur yang jauh lebih besar setidaknya 300 juta tahun cahaya panjangnya dan 50 juta tahun cahaya luasnya. Sejak cahaya mengambil 10,8 miliar tahun untuk melintasi jarak antara struktur galaksi dan Bumi, kita melihat struktur seperti tampak ketika alam semesta masih muda, hanya seperlima dari usia saat ini. Meskipun mereka belum tahu berapa banyak struktur galaksi yang terbentuk  pada 10,8 miliar tahun lalu, para astronom percaya pada akhirnya akan berkembang menjadi sebuah string galaksi raksasa menyerupai "Great Wall" dari galaksi yang relatif dekat. Ketika ini terjadi, yang baru-ditemukan string galaksi akan berisi ribuan galaksi. Struktur baru ini menentang model saat ini tentang bagaimana alam semesta berevolusi, yang tidak dapat menjelaskan bagaimana struktur besar ini dapat terbentuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar