Kamis, 01 September 2011

Dr. H. Taufik Yudi Mulyanto, M.Pd-Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta

 

Dr. H. Taufik Yudi Mulyanto, M.Pd-Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta

Bertekad Jadikan Pendidikan di Jakarta Terbaik


Sebagai seorang berlatar belakang pendidikan, tak sulit bagi Dr. H. Taufik Yudi Mulyanto, M.Pd mengemban amanah menjadi orang nomor satu di Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Pasalnya, latar pendidikan yang mumpuni membuatnya optimis pendidikan di Ibukota menjadi lebih baik dan terbaik.

"Pendidikan bagi Kota Jakarta adalah sesuatu yang sangat utama," ujar doktor ilmu pendidikan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini.

Sebab, kata pria yang lahir dan besar di Jakarta ini, Jakarta sebagai Ibukota maka akses pendidikan mutlak dapat dicapai oleh masyarakat.

"Selama ini kita sudah melakukan komunikasi yang intensif dengan masyarakat mengenai pendidikan. Masyarakat dengan pihak sekolah, dinas (institusi-red) dengan sekolah dan dinas dengan masyarakat," ungkap bapak tiga anak ini.

Bahkan, sambung, mantan Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) DKI Jakarta ini, pihaknya pernah berdialog dengan kelompok masyarakat. "Mereka ingin tahu apa saja yang dilakukan dan diprogramkan dinas pendidikan. Kami terbuka dan menyambangi mereka," terang Yudi.

Yudi menambahkan, program-program yang dijalankan Dinas Pendidikan DKI Jakarta sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"Seperti standarisasi guru harus dikedepankan agar lebih profesional. Minimal guru di Jakarta S1. Bahkan ada juga yang sudah S2 dan S3," tutur Yudi.

Ketika ditanya sejauh mana pengembangan Teknologi Informasi (TI) berbasis sekolah, Yudi mengatakan, sejauh ini efektif penerapan TI tersebut. Seperti Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan (SIAP) online untuk mempermudah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Sistem Administrasi Sekolah (SAS Online) di SMA dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (e-APBS) online.

"PPDB ini bertujuan memberikan layanan bagi anak usia sekolah/lulusan untuk memasuki Satuan Pendidikan yang lebih tinggi secara tertib, terarah, dan berkualitas," urai Yudi.

Di sisi lain, persoalan seperti tawuran antar sekolah, pengeroyokan kepada junior dan sebagainya yang masih terjadi di Jakarta, Yudi menjelaskan, dirinya mengaku semua pasti ada persoalan. "Tinggal bagaimana kita menerapkan hal yang baik mengenai perilaku siswa tersebut dengan komprehensif. Yang jelas jika ada kejadian kita cepat melakukan respon dan penyelesaian," imbuhnya.

Besar dari keluarga guru, sempat terpikir jika dirinya tidak lagi mengabdi di pemerintahan, Yudi akan menjadi seorang guru.

"Kakek saya guru, ibu dan bapak saya juga guru. Cita-cita saya memang ingin menjadi guru. Saya kuliah di IKIP Jakarta (sekarang UNJ-red). Maka itu selepas saya di pemerintahan saya akan kembali mengajar," tukas pria yang meraih penghargaan dari Mahkamah Agung (MA) sebagai penggiat/penggerak Sekolah Terbuka Pancasila (STP) DKI Jakarta.
 
Biodata:

Nama : Dr. H. Taufik Yudi Mulyanto, M.Pd
Tempat/Tgl lahir : Jakarta, 09 November 1961
Agama : Islam
Isteri : Dra. Diah Murtisari
Anak:
1. Fikri Maulana Putra
2. Maghfira Ramadhyanti P.
3. Faras

Alamat : Jl. Pondok Sari Raya, 10/10, Kalisari, Jakarta Timur

Pangkat/Gol : Pembina Utama Muda/IV C
Jabatan Terakhir : Kepala Dinas Pendidikan
Pendidikan Formal Tertinggi : Doktor


Riwayat Jabatan:
1. Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda- 2005
2. Kepala Dinas Pendidikan- 2008


Riwayat Pendidikan Formal
1. SD Blok E Pagi 11, 1973
2. SMPN XIX, 1976
3. SMA Negeri 6, 1980
4. S1 Keguruan Ilmu Pendidikan, IKIP Jakarta, 1985
5. S2 Keguruan Ilmu Pendidikan, IKIP Jakarta, 1995
6. S3 Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), 2001

Riwayat Diklat Struktur dan Lemhanas
1. Diklatpim II     LAN-RI, 2005
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar