Sabtu, 23 Juli 2011

Info Semesta : Galaxy Starburst 1

galaxy-starbust

Para astronom telah lama bingung mengapa, di dekat galaksi kecil terisolasi terdapat bintang baru yang memompa keluar lebih cepat daripada galaksi di lingkungan lokal kita (galaksi bima sakti)..

Sekarang NASA Hubble Space Telescope telah membantu para astronom memecahkan misteri Galaksi Starburst penyendiri, yang disebut NGC 1569, dengan menunjukkan bahwa itu adalah salah satu setengah kali lebih jauh dari pemikiran para astronom .

Jarak tempat ekstra galaksi di tengah sekelompok sekitar 10 galaksi berpusat pada galaksi spiral IC 342. Interaksi gravitasi antara galaksi kelompok mungkin memadatkan gas di NGC 1569 dan memicu hiruk-pikuk kelahiran bintang.

Semakin jauh jarak tidak hanya berarti bahwa galaksi secara intrinsik lebih cerah, tetapi juga bahwa   hal itu menghasilkan bintang dua kali lebih cepat dari yang diperkirakan. Galaksi ini membentuk bintang dengan tarif lebih dari 100 kali lebih tinggi daripada di Bima Sakti. Tingkat pembentukan bintang cukup tinggi dan hampir terus-menerus untuk 100 juta tahun terakhir.

Galaxy Starburst Penyendiri , Ditemukan oleh William Hersche   pada tahun 1788, NGC 1569 adalah rumah bagi tiga dari gugus bintang paling masif yang pernah ditemukan di alam semesta lokal. Setiap cluster berisi lebih dari satu juta bintang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar