Sabtu, 23 Juli 2011

Info Semesta : Lubang Hitam Raksasa

Arp 147 berisi sisa dari galaksi spiral (kanan) yang bertabrakan dengan galaksi elips di sebelah kiri. tabrakan ini telah menghasilkan gelombang memperluas pembentukan bintang yang muncul sebagai cincin biru mengandung limpahan bintang-bintang baru yang cukup besar. Ras bintang  ini telah melalui evolusi mereka dalam beberapa juta tahun atau kurang dan meledak sebagai supernova, meninggalkan bintang-bintang neutron dan lubang hitam.
lubang_hitam
Gambar komposit Arp 147, Interaksi dari sepasang galaksi yang terletak sekitar 430 juta tahun cahaya dari Bumi, menunjukkan sinar-X dari sinar-X Chandra NASA's Observatory (pink) dan data optik dari Hubble Space Telescope (merah, hijau, biru ) yang dihasilkan oleh Space Telescope Science Institute, atau STScI.

Sebuah fraksi dari bintang-bintang neutron dan lubang hitam akan memiliki bintang pendamping, dan dapat menjadi sumber terang X-ray. Kesembilan sumber sinar-X yang tersebar sekitar ring di Arp 147 begitu terang dan mereka harus menjadi lubang hitam, dengan massa sepuluh atau mungkin dua puluh kali dari matahari.
 



Sebuah sumber sinar-X juga terdeteksi di daerah inti dari galaksi merah di sebelah kiri dan dapat didukung oleh lubang hitam supermasif. Sumber ini tidak jelas pada citra komposit, tetapi dengan mudah dapat dilihat pada gambar X-ray. benda lain yang tidak terkait dengan Arp 147 juga terlihat: bintang latar depan di bagian kiri bawah gambar dan latar belakang Quasar sebagai sumber pink di atas dan di kiri galaksi merah.


pengamatan inframerah dengan NASA's Spitzer Space Telescope dan pengamatan ultraviolet dengan NASA's Galaxy Evolution Explorer (GALEX) telah memungkinkan estimasi laju pembentukan bintang di atas ring. Perkiraan ini, dikombinasikan dengan penggunaan model untuk evolusi bintang biner telah memungkinkan para penulis untuk menyimpulkan bahwa pembentukan bintang yang paling kuat mungkin telah berakhir sekitar 15 juta tahun yang lalu, dalam kerangka waktu Bumi
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar