Sabtu, 23 Juli 2011

Info Semesta : Nebula Carina DAn Nebula Helix


Nebula Carina

Digambarkan di atas adalah bagian dari gambar paling rinci dari Nebula Carina pernah diambil di mana awan gelap molekul sangat menonjol. Carina Nebula Seluruh mencakup lebih dari 300 tahun cahaya dan terletak sekitar 7.500 tahun cahaya di konstelasi Carina.

NGC 3372, yang dikenal sebagai Nebula Besar dalam Carina, adalah rumah bagi bintang-bintang besar dan nebula berubah. Eta Carinae, bintang yang paling energik di nebula, adalah salah satu bintang terang di langit di tahun 1830-an, tapi kemudian memudar secara dramatis. Wide-field versi beranotasi dan zoomable dari komposit gambar yang lebih besar juga tersedia.
Nebula Helix
Debu kosmik ini membuat mata terlihat merah. Ini gambar Spitzer Space Telescope menakutkan menunjukkan radiasi infra merah dari Nebula Helix dipelajari dengan baik (NGC 7293), yang merupakan hanya 700 tahun cahaya di konstelasi Aquarius. Diameter dua tahun cahaya kain kafan dari debu dan gas di sekitar pusat white dwarf telah lama dianggap sebagai contoh yang sangat baik dari nebula planet, yang merupakan tahap akhir dalam evolusi bintang seperti matahari.

Data Spitzer menunjukkan bintang pusat nebula adalah sendiri terbenam dalam cahaya inframerah mengejutkan cerah. Model menunjukkan cahaya diproduksi oleh disk puing-puing debu. Meskipun bahan nebular dikeluarkan dari ribuan tahun yang lalu bintang, close-dalam debu bisa dihasilkan oleh tabrakan dalam reservoir objek analog dengan tata surya kita Sabuk Kuiper atau awan Oort cometary. Dibentuk dalam sistem planet yang jauh, badan komet-seperti telah dinyatakan selamat bahkan dramatis tahap akhir evolusi bintang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar