Sabtu, 23 Juli 2011

Info Semesta : Tabrakan antar Galaksi Mengaktifkan Lubang Hitam

Gambar komposit data dari tiga teleskop yang berbeda menunjukkan tumbukan berlangsung antara dua galaksi, NGC 6872 dan IC 4970. X-ray data dari NASA's Chandra X-ray Observatory ditampilkan dalam warna ungu, sedangkan data inframerah Spitzer Space Telescope adalah merah dan optik data dari ESO Very Large Telescope (VLT) yang berwarna merah, hijau dan biru.

blackhole

Para astronom berpikir bahwa lubang hitam supermasif yang ada di kebanyakan pusat galaksi. Galaksi dan lubang hitam tampaknya tidak hanya hidup berdampingan, akan tetapi mereka terkait erat dalam evolusi mereka. Untuk lebih memahami hubungan simbiosis, para ilmuwan telah berpaling ke lubang hitam yang tumbuh pesat - yang disebut inti galaksi aktif (active galactic nucleus =AGN) - untuk mempelajari bagaimana mereka dipengaruhi oleh lingkungan galaksi mereka.

Data terbaru dari Chandra dan Spitzer menunjukkan bahwa IC 4970, galaksi kecil di bagian atas gambar, berisi inti galaksi aktif (active galactic nucleus =AGN), tapi satu yang seperti kepompong terdiri dari gas dan debu. Ini berarti dalam cahaya teleskop optik, seperti VLT, ada sedikit celah untuk melihat. X-ray dan cahaya inframerah, bagaimanapun, untuk dapat menembus tabir material ini dan mengungkapkan pertunjukan cahaya yang dihasilkan sebagai bahan yang memanas sebelum jatuh ke lubang hitam (terlihat sumber titik-seperti terang dalam gambar diatas) .

Meskipun gas ini mengaburkan dan debu di sekitar IC 4970, data Chandra menunjukkan bahwa tidak ada cukup gas panas di IC 4970 untuk bahan bakar pertumbuhan inti galaksi aktif (active galactic nucleus =AGN). Kemudian dari mana pasokan makanan untuk lubang hitam ini berasal? Jawabannya terletak pada mitranya galaksi, NGC 6872. Kedua galaksi ini dalam proses mengalami tabrakan, dan daya tarik gravitasi dari IC 4970 memiliki kemungkinan menepi beberapa reservoir dalam NGC 6872's gas dingin (terlihat mencolok dalam data Spitzer), menyediakan pasokan bahan bakar baru untuk kekuasaan raksasa lubang hitam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar