Sabtu, 23 Juli 2011

Info Semesta : Nebula Mata kucing

nebula-mata-kucing

Ini komposit data dari sinar-X Chandra NASA Observatory dan Teleskop luar angkasa Hubble memberikan astronom tampilan baru untuk NGC 6543, lebih dikenal sebagai nebula Cat's Eye. Nebula planet ini merupakan fase evolusi bintang bahwa matahari kita mungkin mengalami beberapa miliar tahun dari sekarang.

Ketika sebuah bintang seperti matahari mulai kehabisan bahan bakar, maka bintang itu akan menjadi raksasa merah. Pada tahap ini, bintang menumpahkan atau membuah beberapa lapisan luarnya, akhirnya meninggalkan inti panas yang runtuh untuk membentuk bintang kerdil. Angin cepat yang berasal dari inti panas akan terlontar ke atmosfer , mendorong ke luar, dan menciptakan struktur filamen anggun yang dapat dilihat dengan teleskop optik.

Dalam kasus nebula mata kucing atau yang dikenal sebagai Cat's Eye, bahan ditumpahkan oleh bintang, terbang pada kecepatan sekitar 4 juta mil per jam. Bintang  itu sendiri diharapkan runtuh menjadi bintang kerdil dalam beberapa juta tahun.
nebula mata kucing

Nebula Mata Kucing adalah bintang sekarat yang melemparkan gas bercahaya dari cangkangnya. Keindahan penuh dari Cat's Eye Nebula (NGC 6543) terungkap dalam pandangan NASA Hubble Space Telescope. Gambar dari Kamera Hubble menunjukkan pola suatu mata cincin atau bahkan lebih konsentris, terlihat seperti kerang. Setiap cincin terlihat seperti  gelembung bulat itulah sebabnya tampak cerah disepanjang tepi luarnya.

Pengamatan menunjukkan massa bintang yang dikeluarkan dalam serangkaian pulsa pada interval 1.500 tahun. masing-masing mempunyai massa sebesar gabungan semua planet di tata surya kita. Pola bull's-mata terlihat di sekitar planetary nebula mengejutkan para astronom karena mereka tidak menyangka bahwa episode kehilangan massa pada akhir kehidupan bintang akan terulang setiap 1.500 tahun. Beberapa penjelasan telah diusulkan, termasuk siklus aktivitas magnetik agak mirip dengan siklus sunspot kita sendiri, aksi pendamping bintang mengorbit di sekitar bintang sekarat, dan pulsations bintang. pemikiran lain adalah bahwa materi yang dikeluarkan dengan lancar dari bintang, dan cincin diciptakan di kemudian hari karena pembentukan gelombang dalam materi outflowing.  
 
Semoga bermanfaat,
wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar