Senin, 15 Agustus 2011

Foto-foto Meteor Hole


Kawah tabrakan adalah struktur geologi yang terbentuk ketika meteor besar, asteroid atau komet menabrak planet atau satelit alaminya. Tata surya telah dibombardir dengan meteor sepanjang masa. Permukaan bulan, Mars, dan Merkurius, yang proses-proses geologinya sudah berhenti jutaan tahun lalu, penuh dengan bekas tabrakan ini. Bumi mengalami tabrakan lebih hebat dan sering daripada bulan tetapi kawah-kawah tersebut secara terus-menerus terkikis oleh erosi, perubahan struktur bumi, aktivitas gunung berapi dan aktivitas tektonik. Ada sekitar 120 kawah tabrakan benda luar angkasa di bumi yang telah diketahui. Sebagian besar berada di Amerika Utara, Eropa, dan Australia karena di sana sebagian besar pengamatan dilakukan. Pesawat luar angkasa yang mengorbit bumi telah membantu mengidentifikasi struktur di tempat-tempat yang sulit untuk didatangi.
Meteor Crater, Arizona, USA
Terletak sekitar 40 kilometer sebelah timur Flagstaff, mempunyai lebar 4.000 kaki dan kedalaman hampir 600 kaki. Berada di padang pasir Arizona utara, meteor yang menghujam nya adalah ‘nickel-iron Canyon Diablo Meteorite’ memiliki berat sekitar 150.000 ton dan panjang 55 yard (50 m).
Wolfe Creek Crater, Australia
Seperti Meteor Crater di Arizona (sekitar 300 000 tahun) di lingkungan Outback Australia. Mendekati kawah di tanah, pengunjung harus memanjat 80 kaki (25 meter) pelek tinggi sebelum naik ke lantai kawah yg ditutupi oleh pasir 165 ft (50 meter) di bawah rim. Selain itu, kawah pusat diisi dengan batu dari gipsum, mineral putih yang memegang air dan memungkinkan untuk pertumbuhan pohon dan semak-semak disekitar nya.
Manicouagan Crater, Quebec, Canada
Kawah Manicouagan adalah salah satu kawah impacr tertua yg terlihat, mungkin karena lokasinya di Canadian Shield sekitar 190 mil utara kota Baie Comeau. Danau yang mengelilingi kawah memiliki diameter sekitar 40 kilometer.
Wetumpka Crater, Alabama, USA
Sekitar 82 juta tahun yang lalu, dampak meteorit di laut dangkal membuat kawah dengan lebar 1.100 kaki yang sekarang disebut kota Montgomery, Alabama. Semua yang tersisa saat ini adalah salah satu kawah laut terbaik di Bumi.
Lonar Crater Lake, India
Salah satu kawah meteorit yang paling terkenal di India adalah danau kawah Lonar, terletak dekat kota di negara bagian Maharashtra Sultanpur India. Ukuran lebar lebih dari satu mil dari tepi ke tepi, kawah sebagian diisi oleh air asin, danau alkali memilki diameter 3.900 kaki (1200 meter). Lonar kawah diciptakan oleh dampak dari sebuah komet atau meteor di era Pleistosen sekitar 52 000 tahun yang lalu
Pingualuit Crater, Quebec, Canada
Ditemukan pada pertengahan-1940an tetapi dikenal oleh masyarakat adat sebagai ‘Eye Nunavik Crystal’, kawah Pingualuit terbentuk karena dampak meteor yang terjadi sekitar 1,4 juta tahun yang lalu. Yang mengisi kawah ini hanya hujan dan salju, sehingga kemurnian luar biasa dari air dengan konsentrasi garam hanya 3 ppm (Danau Besar rata-rata 500 ppm). Kawah Pingualuit terletak di semenanjung utara Quebec Ungava, dengan ukuran diameter 2,14 mil (3,44 kilometer).
Kaali Crater, Estonia
Sekitar 660 SM, sebuah meteor memasuki atmosfer bumi, pecah menjadi minimal 9 bagian, dan berdampak di pulau Baltik dari Saaremaa dengan kekuatan seperti bom atom Hiroshima atau sejenisnya. Beberapa kawah kemudian diisi oleh air dari tanah. Kawah Kaali terbesar memiliki diameter sekitar 300 ft (100 meter).
Gosses Bluff Crater, Australia
Kawah Gosses Bluff terlihat cukup baik untuk usianya: sekitar 142 juta tahun! Terletak di Utara Territory Australia. Sebuah tujuan wisata yang populer, kawah Gosses Bluff dapat ditemukan sekitar 110 mil barat Alice Springs. Kedatangan bolide Gosses Bluff adalah akhir dari zaman Jurassic, menyebabkan bencana besar dan meninggalkan kawah dengan diameter 13,5 mil (22 km).
Clearwater Lakes, Quebec, Canada
The Lakes Clearwater adalah sepasang kawah yang berisi air yang terletak di Quebec, Kanada, dekat pantai Hudson Bay. Sebuah danau melingkar, dengan diameter 26 km dan 36 km.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar