Kamis, 01 September 2011

Alasan Mengapa Peluncuran Pesawat Luar Angkasa Di Lakukan Di Florida

Enam puluh tahun yang lalu, Florida’s “Space Coast” memulai peluncuran roket yang disebut Bumper 8 pada tanggal 24 Juli 1960, dari apa yang kemudian disebut Long Range Proving Ground Base di Cape Canaveral.
Cape Canaveral adalah pintu Amerika untuk menuju ke alam semesta, tapi itu bukan tempat pertama dari roket yang diluncurkan di Amerika Serikat.

Setelah Perang Dunia II, ketika teknologi roket militer dalam masa perkembangan, roket diluncurkan dari fasilitas test White Sands di New Mexico.
http://www.aerospaceguide.net/worldspace/space_shuttle_launch.jpg
“Panjang total jangkauan di White Sands sekitar 100 mil,” kata Stan Starr, Kepala Cabang Fisika Terapan di Kennedy Space Center. “Segala sesuatu yang mereka diluncurkan harus pergi lurus ke atas, dan sedikit ke utara sehingga radar dan stasiun telemetri akan bisa melihat roket untuk melacak mereka.”
Fasilitas peluncuran pesawat Ruang Angkasa milik NASA
Tetapi untuk mencapai jarak yang jauh dan ada beberapa program militer yang pada saat itu sama persis, tujuan jangka panjang dan kemampuan untuk melacak roket di seluruh rentang, kata Starr. Haruskah sesuatu yang salah , insinyur roket juga ingin memastikan bahwa roket akan mendarat dengan baik, terutama di lautan.
“Di Cape Canaveral kita memiliki keuntungan besar,” kata Starr atas lokasi lain. Itu dipilih karena dua alasan: fakta bahwa secara relatif dekat dengan garis katulistiwa dibandingkan dengan lokasi lain di AS, dan fakta bahwa berada di Pantai Timur.
Lokasi di Pantai Timur dipilih karena setiap roket yang meninggalkan permukaan Bumi dan perjalanan ke timur mendapat dorongan dari putaran bumi. Sebuah lokasi di Pantai Barat akan mengirim roket ke wilayah penduduk atau harus berhadapan dengan peluncuran melawan arah putaran.
“Setiap objek di permukaan Bumi akan bergerak ke timur dengan sangat cepat,” kata Starr.
Dan, tingkat perputaran berada pada tingkat tertinggi di khatulistiwa dan paling lambat di kutub, jadi lokasi yang di selatan Cape Canaveral juga memberinya dorongan, kata Starr. Cape Canaveral adalah sekitar 28 derajat lintang di atas khatulistiwa.
The Bumper roket yang diuji pada tahun 1950 adalah tahap pertama dua-roket untuk dikembangkan, kata Starr. Dua tahap roket melibatkan satu roket yang meluncurkan dari tanah, dan kedua yang meluncurkan roket dari yang pertama dalam penerbangan, selama perpisahan.
Ada total delapan Bumper roket, dan enam pertama diluncurkan dari White Sands. Tapi Bumper ke 5 melambung ke ketinggian 244 mil, yang lebih tinggi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional diorbit bumi hari ini, dan meningkatnya kebutuhan untuk melakukan berbagai peluncuran yang lebih besar, kata Starr.
Fasilitas Angkatan Udara di Cape Canaveral dinamakan Patrick Air Force Base pada Aug.1 1950.

Kennedy Space Center
Saat ini, Base berdekatan dengan Kennedy Space Center, dan pada tahun-tahun sejak roket Bumper, Cape Canaveral adalah tempat meluncurkan lebih dari 3.000 roket.

Sumber: http://www.adipedia.com/alasan-mengapa-peluncuran-pesawat-luar-angkasa-selalu-dilakukan-di-florida/

1 komentar:

  1. Mohon Maaf kalau Posting yang ini ganbarnya agak keluar dari tab entri nya.
    Terimakasih ^_^

    BalasHapus